Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Jurnalistik

Oleh: Aloysiana Margaretha

Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Baru atau PJMB merupakan kegiatan wajib tahunan yang diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa yang merupakan Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Udayana. Tahun ini, PJMB diadakan pada tanggal 8 September 2019 yang bertemakan “Helping Animal by Our Wordsbertempat di Balai Besar Vetriner, Denpasar. Tema tersebut diangkat karena pada zaman yang serba canggih ini, tentunya teknologi merupakan teman sehari-hari manusia khususnya kaum milenial. Dengan adanya kemudahan tersebut, jurnalistik yang merupakan media menuangkan ide dan gagasan akan mudah disebarluaskan dan tentunya sebagai mahasiswa kedokteran hewan tentunya akan memanfaatkan hal tersebut melalui jurnalistik untuk menolong hewan-hewan yang tidak dapat menyuarakan suara mereka. 

Keseluruhan jumlah peserta yang menghadiri kegiatan berjumlah 115 orang yang terdiri dari mahasiswa baru angkatan 2019 yang berjumlah 112 orang dan mahasiswa lama yang berjumlah 3 orang. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik yang terlihat dari mahasiswa memperhatikan pembicara dengan seksama selain itu peserta diberikan tugas langsung berupa menuliskan artikel yang sudah ditentukan sebelumnya. Kegiatan ini dapat terselenggara tentunya dari bantuan panitia yang berjumlah 32 orang.

Pembawa materi pada kegiatan ini sebanyak dua orang, yaitu Prof. Dr. Drh. Iwan Harjono Utama, M.S. yang merupakan dosen sekaligus pembina LPM Suara Satwa dan H. Sunarko, S.Sos. yang merupakan pemimpin redaksi harian Tribun Bali. Diharapkan dengan adanya rangkaian kegiatan pelatihan jurnalistik mahasiswa baru ini, mahasiswa kedokteran hewan dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang jurnalistik kedokteran hewan yang nantinya akan berguna dalam peningkatan kualitas mahasiswa kedokteran hewan. Salam Persvet!