Fakultas Kedokteran Hewan melaksanakan pelatihan kawin suntik yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 30 Juli 2018, terdiri dari 12 orang tamu dari Pulau yang terletak di Teluk Cendrawasih sebelah utara pesisir Provinsi Papua yaitu Biak untuk pelatihan Inseminasi Buatan pada sapi berjumlah 12 orang. Pada kesempatan kali ini para peserta pelatihan IB dari Biak ditinjau langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Biak Numpor-Papua dengan didamping Kasi Keswan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Biak Numpor-Papua. 






    

        Penerimaan para peserta pelatihan Inseminasi Buatan dari Biak oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Pelatihan berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 30 Juli 2018 sampai 3 Agustus 2018 bertempat di UPT Sentra Pembibitan Sapi Bali Sobangan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

        Selama melakukan pelatihan, para peserta diberikan instruksi maupun arahan dari para dosen Laboratorium Reproduksi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Selama mengikuti pelatihan tersebut, para peserta sangat antusias. Saat pelatihan berlangsung pun sangat dirasakan suasana kekeluargaan yang sangat kental.

            





        Output dari pelaksanaan kegiatan pelatihan IB ini adalah para peserta pelatihan IB dari Biak mampu melakukan IB secara baik dan mandiri guna menunjang program pemerintah Republik Indonesia dalam mensukseskan UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting). Harapan kami pun kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan karena berdampak positif dalam upaya mendukung program pemerintah UPSUS SIWAB. Dampak positif lainnya adalah dapat menjalin hubungan kekeluargaan dan dapat saling bertukar informasi terkait dengan kegiatan Inseminasi Buatan (IB).