DESKRIPSI MENGENAI KEGIATAN BAKTI SOSIAL 2017

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS UDAYANA


Pentingnya keberadaan mahasiswa dalam masyarakat sebagai agen perubahan (agent of change). Dimana mahasiswa di dalam lingkungan kampus tidak hanya dituntut untuk berpikir kritis tapi juga dapat mengaplikasikan segala pengetahuannya di kampus ke tengah-tengah masyarakat. Selain itu perlunya kegiatan yang dapat menampung kreatifitas dan kreasi mahasiwa agar berguna bagi masyarakat. Contoh kegiatan nyatanya yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Hewan UNUD adalah melalui BAKSOS (Bakti Sosial). Ini sangat penting karena dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan antara mahasiswa baru dan seluruh civitas FKH UNUD, selain itu juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan di sekitar maupun di lingkungan masyarakat nantinya. Kegiatan  BAKSOS tahun ini dilaksanakan di lingkungan kampus Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Rumah Sakit Hewan dan Padmasana Kampus Sudirman.


Tujuan diadakan kegiatan ini :

a.       Membersihkan dan menata kembali lingkungan kampus Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Rumah Sakit Hewan dan  Padmasana Kampus Sudirman agar terlihat lebih bersih dan nyaman.

b.      Menciptakan rasa sadar akan kebersihan di lingkungan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Rumah Sakit Hewan dan Padmasana Kampus Sudirman.

c.       Meningkatkan rasa kepedulian seluruh mahasiswa akan pentingnya kebersihan lingkungan Padmasana Kampus Sudirman sebagai tempat yang digunakan untuk persembahyangan.

Kegiatan Pokok

a.         Pembersihan dan penataan kembali lingkungan kampus Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Rumah Sakit Hewan dan Padmasana Kampus Sudirman.

b.        Penanaman bibit tanaman di area kampus Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Rumah Sakit Hewan dan Padmasana Kampus Sudirman.


Persiapan kegiatan Bakti Sosial 2016 dimulai sejak berakhirnya UAS (ujian akhir semester genap) tahun 2017 dan libur semester genap. Rapat Bakti Sosial 2017 dilakukan pada hari yang telah disepakati bersama  sebelumnya. Rapat sering dilakukan di Ruang Kelas Lantai 3 dan berlangsung sekitar 30menit-1 jam. Undangan rapat biasanya melalui pesan singkat (SMS) maupun telah disepakati pada rapat sebelumnya. Suasana pada rapat termasuk kondusif, dan panitia juga selalu meminta saran dari para Sterring Comitee (SC) maupun Gubernur BEM. Rapat juga selalu diawali dan diakhiri dengan doa bersama.

Kegiatan Bakti Sosial 2017 dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2017, pukul 07.00 wita - 12.00 wita. Kegiatan  Bakti Sosial tahun ini dilaksanakan di lingkungan kampus Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Rumah Sakit Hewan dan Padmasana Kampus Sudirman. Adapun tema yang diangkat pada kegiatan Bakti Sosial 2017 yaitu Lend Your Hand, Save The Environment”

Para panitia dihimbau untuk berkumpul di Kampus Fakultas Kedokteran Hewan pada pukul 06.00 wita, untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan serta melakukan persembahyangan  bagi panitia.

Para peserta sudah mulai berkumpul di lokasi kegiatan dari pukul 07.00 wita – 07.30 wita. Selanjutnya para peserta dipersilahkan untuk melakukan persembahyangan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, serta peserta dipersilakan sarapan dengan roti yang sudah mereka bawa sendiri.

Tepat pukul 08.00 wita, Kegiatan Bakti Sosial dimulai dengan laporan dari ketua kegiatan dan dilanjutkan dengan penyerahan pohon pertama kepada perwakilan peserta sekaligus pembukaan secara resmi oleh Dekanat. Dilanjutkan dengan pembagian wilayah kerja bakti untuk peserta.

Pukul 08.30 wita, para peserta sudah mulai menyebar ke wilayah bakti sosial yang telah dibagi sebelumnya yang dipandu oleh panitia. Untuk peserta yang mendapatkan wilayah kerja di Rumah Sakit Hewan, mereka menggunakan kendaraan sepeda motor, dengan jumlah maksimal 2 orang per motor.Beberapa panitia turut serta menyertai peserta dalam perjalanan ke Rumah Sakit Hewan, sedangkan untuk peralatan dan tanaman peserta diangkut dengan menggunakan pick-up.

Selama kegiatan bakti sosial, peserta melakukan pembersihan disekitar wilayah yang didapat, dan menanam beberapa pohon, serta menempatkan tong sampah yang telah disediakan sebelumnya dibeberapa tempat sekitaran wilayah bakti sosial.Para panitia turut serta membantu peserta selama kegiatan, khususnya di Kampus Fakultas Kedokteran Hewan.

Kerja bakti sosial selesai sekitar pukul 10.00 wita.Selanjutnya peserta dan panitia berkumpul kembali di tempat sebelumnya untuk acara penutupan.

Pukul 10.15 wita, panitia dan peserta berbaris rapi untuk mendengarkan beberapa pengumuman dari Wakil Dekan 3 sekaligus menutup kegiatan Bakti Sosial FKH 2017.


DOKUMENTASI KEGIATAN BAKSOS FKH UNUD 2017

Keterangan : kegiatan Baksos 2017 dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan yang di damping langsung oleh Bapak Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. 


Keterangan : penyerahan pohon kepada peserta Baksos 2017 sebagai simbolis dibukanya secara resmi kegiatan Baksos 2017. 



keterangan : Bakti sosial di Rumah Sakit Hewan Sesetan